Prospek Kerja Berbagai Jurusan Kuliah

FAKULTAS KEDOKTERAN
Kedokteran, Lulusan ini bekerja di pemerintahan (Departemen Kesehatan, TNI, Kepolisian), sebagai dosen, peneliti di lembaga penelitian pemerintah dan swasta, maupun bekerja secara mandiri sebagai klinis.

Keperawatan, Lulusan ini bekerja di rumah sakit pemerintah, swasta dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya, termasuk sebagai tenaga perawat di luar negeri (Uni Eropa, Asia Tenggara, dan Timur Tengah).

Gizi Kesehatan, Lulusan ini dibutuhkan dalam upaya perbaikan gizi, baik di instansi pemerintah maupun swasta seperti rumah sakit, puskesmas, industri-industri makanan. Selain itu dapat bekerja sebagai pengajar,konsultan gizi, maupun bekerja di lembaga-lembaga lain yang bergerak dalam bidang penanggulangan masalah pangan dan perbaikan gizi.


FAKULTAS KEDOK. GIGI
Kedokteran Gigi, Lulusan ini bekerja di pemerintahan (Departemen Kesehatan,TNI, dan Kepolisian), sebagai dosen, peneliti di lembaga penelitian pemerintah dan swasta, maupun bekerja secara mandiri sebagai klinisi gigi.

FAKULTAS KEDOK. HEWAN
Kedokteran Hewan, Lulusan ini bekerja di instansi pemerintah (Departemen Pertanian, Departemen Kehutanan, Departemen Kelautan dan Perikanan,Depkes, Depdiknas), TNI dan Kepolisian, industri BUMN/swasta, peneliti di lembaga-lembaga penelitian, dan praktek dokter hewan.

FAKULTAS FARMASI
Farmasi, Lulusan program studi ini berprofesi sebagai farmasis (ahli farmasi) di industriindustri farmasi, rumah sakit, atau menjadi apoteker. Peluang kerja sangat luas di dalam dan luar negeri.

FAKULTAS TEKNIK
Arsitektur, Lapangan kerja lulusan sangat luas, antara lain industri real estate, konsultan, instansi pemerintah (Departemen PU, Bappeda, Bappenas, Kementrian Perumahan Rakyat), peneliti di berbagai lembaga penelitian, dan dosen

Teknik Elektro, Lulusan dari program studi ini sangat dibutukan oleh instansi pemerintah (Departemen PU, Bappeda, Bappenas, Kominfo), industri, terutama di PLN, industri kelistrikan, industri komputer dan informatika, telekomunikasi, elektronika, dan industri-industri yang menggunakan sistem instrumentasi kendali

Teknik Geodesi, Alumni program studi ini sangat banyak bekerja di instansi pemerintah (Departemen PU, Bappeda, Bappenas, Pertambangan, BPN, Bakosurtanal), dan lembaga lain seperti Pertamina, Perhutani, Perkebunan,perusahaan pertambangan mineral, konsultan survey dan pemetaan.

Teknik Geologi, Lulusan Teknik geologi banyak bekerja pada instansi pemerintah (Departemen PU, Bappeda, Bappenas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral), perusahaan-perusahaan pertambangan swasta, seperti: pengolahan mineral, emas, logam, batu bara, minyak, dan gas bumi dalam negeri maupun asing.

Teknik Kimia, Peluang kerja lulusan sangat besar pada instansi pemerintah (Bappeda, Bappenas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Deperindag, Depkes), industri pupuk, industri petrokimia, industri pengolahan tambang, industri minyak dan gas bumi, industri bahan makanan, peneliti, dan konsultan industri rekayasa.

Teknik Mesin, Peluang kerja lulusan sangat besar antara lain bekerja di instansi pemerintah (Bappeda, Bappenas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Deperindag, Dephub), industri mesin, industri kimia, jasa konstruksi mesin, konsultan teknik, peneliti, dan tenaga pengajar di perguruan tinggi.

Teknik Industri, Lulusan bekerja di instansi pemerintah (Bappeda, Bappenas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Deperindag), industri multinasional bidang kimia, mesin, elektronika, minyak dan gas bumi, serta di sektor konsultan proses industri.

Fisika Teknik, Peluang kerjanya sangat besar antara lain bekerja di instansi pemerintah (Depkes, Batan, Bapeten, Bappenas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Deperindag), industri kimia, industri kertas, rumah sakit, industri kimia, industri minyak dan gas bumi, industri energi baru, informatika, pembangkit listrik, serta lembaga riset.

Teknik Sipil dan Lingkungan, Lulusan program studi ini mudah terserap di dunia kerja, terutama di instansi pemerintah (Departemen PU, Departemen Pertanian, Bappenas, Bappeda, Dephub, Kementrian Perumahan Rakyat), kontraktor bangunan dan infrastruktur, dan industri struktur swasta maupun asing.

Perencanaan Wilayah Kota, Lulusan program studi ini memiliki peluang besar untuk bekerja sebagai perencana wilayah di instansi pemerintah (Departemen PU, Bappenas, Bappedal, Dephub, Kementrian Perumahan Rakyat), instansi swasta, sebagai konsultan, peneliti, dan pengajar di perguruan tinggi.

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
Ilmu Ekonomi, Lulusan program studi ini bekerja di instansi pemerintah (Bappenas, Depkeu, Deperindag, Bappeda, Departemen Pertanian, Depdiknas, dan Lembaga Penelitian), swasta (perbankan, Bapepam, dan Bursa Efek), perusahaan swasta nasional dan internasional.

Akutansi, Lulusan program studi ini bekerja di instansi pemerintah (Bappenas, Depkeu, Deperindag, Bappeda, Departemen Pertanian, Depdiknas, dan Lembaga Penelitian), swasta (perbankan, Bapepam, dan Bursa Efek), konsultan, serta perusahaan swasta nasional dan internasional.

Managemen,Lulusan program studi ini bekerja di instansi pemerintah (Bappenas, Depkeu, Deperindag, Bappeda, Departemen Pertanian, Depdiknas, Lembaga Penelitian), swasta (perbankan, Bapepam, Bursa Efek), konsultan, perusahaan swasta nasional dan internasional.

FAKULTAS FILSAFAT
Ilmu Filsafat, dengan banyaknya aktivitas berpikir, membaca, berdiskusi dan dan latihan menulis selama kuliah, keluasan wawasan mahasiswa terbangun. Lulusan program studi ini bekerja dalam segala bidang tugas yang bermuatan intelektual, seperti peneliti, jurnalis, aktivis LSM, dan berbagai karir yang menuntut kreatifitas berpikir.

FAKULTAS GEOGRAFI
Geografi dan Ilmu Lingkungan, Lulusan program studi ini bekerja di Bakorsurtanal, Bappeda, Bapedal, BPPT, Ditjen Bangda, BKKBN, LIPI, LAPAN, dan di departemendepartemen (Pertambangan, Transmigrasi, Kehutanan, dan Keuangan).

Kartografi dan Penginderaan Jauh, Lulusan program studi ini dapat bekerja di Bappeda, Dinas PU, Kehutanan,Kantor Pertanahan, sektor swasta, dan lembaga-lembaga penelitian.

Pembangunan Wilayah, Lulusan program studi ini memiliki peluang besar untuk bekerja di Bappeda, Departemen Kimpraswil, Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Departemen Kehutanan, Departemen Dalam Negeri, Direktorat Pembangunan Masyarakat Desa, BPN, BPPT, Bakorsurtanal, LIPI, atau pada dinas-dinas sektoral/teknis di tingkat daerah. Karir di sektor swasta juga terbuka lebar, misalnya perusahaan pemetaan, konsultan pembangunan, dan pengelola kawasan industri.

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK
Hubungan Internasional, Lulusan program studi ini bekerja menjadi diplomat, jurnalis, analis politik internasional, staf perusahaan swasta, departemen pemerintah, perbankan, dosen, dan peneliti.

Administrasi Negara, Lulusan program studi ini bekerja di lembaga-lembaga pemerintah maupun non-pemerintah. Diantara lembaga-lembaga pemerintah antara lain adalah Bappenas, Departemen dalam Negeri, Sekretariat Negara, Kementrian Pandayagunaan Aparatur Negara, Kementrian PercepatanDaerah Tertinggal dan Kementrian Koordinator Bidang Ekonomi, termasuk Pemerintah Daerah. Sedangkan lembaga-lembaga nonpemerintah antara lain adalah LSM pemberdayaan masyarakat dan lembaga-lembaga penelitian sosial ekonomi politik.
Komunikasi, Lulusan program studi ini dapat berprofesi sebagai pakar atau pelaku sektor media massa (cetak dan elektronik), humas di berbagai lembaga pemerintah dan swasta, account executive, media planner, periklanan, dan peneliti.
Pemerintahan, Lulusan program studi ini bekerja sebagai peneliti, dosen atau bekerja pada lembaga-lembaga pemerintahan (Bappenas, Departemen Sosial dan Departemen Dalam Negeri), media massa, dan praktisi di berbagai lembaga publik dan swasta seperti menjadi politisi di DPR maupun LSM.
Sosiastri, Lulusan program studi ini bekerja pada lembaga-lembaga pemerintah maupun non pemerintah, selain seperti Departemen Pendidikan, Departemen Tenaga Kerja, Kementrian Percepatan Daerah Tertinggal, Departemen Sosial dan Pemerintah Daerah, lulusan juga dapat bekerja di lembaga internasional seperti UNDP, serta pada berbagai LSM yang bergerak pada bidang sosial ekonomi, lembaga-lembaga penelitian sosial ekonomi, dan dosen.

Sosiologi, Lulusan program studi ini bekerja di lembaga-lembaga pemerintah, seperti Bappenas, Departemen Dalam Negeri, Kementrian Percepatan Daerah Tertinggal, Departemen Sosial dan Pemerintah daerah. Selain itu, lulusan juga dapat bekerja pada lembaga internasional seperti UNDP, serta pada berbagai LSM pemberdayaan masyarakat, lembaga-lembaga penelitian sosial ekonomi, dosen, dan penulis pada media massa.

FAKULTAS ILMU BUDAYA
Antropologi, Peluang karir lulusan program ini terbuka lebar di lembaga penelitian, lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, media massa cetak maupun elektronik, serta lembaga-lembaga nasional maupun internasional yang bergerak dalam bidang pemberdayaan masyarakat.

Arkeologi, Lulusan program studi ini berkarir di bidang-bidang yang terkait dengan arkeologi,kebudayaan, dan pariwisata, maupun lembaga-lembaga publik, seperti media massa, LSM, konsultan lingkungan budaya, dan instansi swasta.
Sejarah, Lulusan program studi ini dapat bekerja di berbagai penelitian dan penulisan di perguruan tinggi, pusat-pusat penelitian pada lembaga pemerintah dan swasta, serta media massa.
Sastra Indonesia, Lulusan program studi ini berprofesi menjadi ahli bahasa dan sastra Indonesia, penulis, editor, peneliti, pengajar, staf di instansi pemerintah/swasta dan pekerja dalam bidang media massa.
Sastra Nusantara, Lulusan program studi ini terbuka pada bidang-bidang pendidikan, media massa, penelitian di balai/pusat bahasa, atau bekerja di Balai KajianJarahnitra, Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala, Arsip Nasional, perpustakaan, museum, dan penerbit.
Sastra Inggris, Lulusan program studi ini dapat berkarier antara lain di dunia pendidikan, penelitian, pariwisata, media massa, perusahaan-perusahaan asing, kedutaan besar, kantor perwakilan Indonesia di luar negeri, lembagalembaga pemerintah maupun non pemerintah, dan perbankan.
Sastra Arab, Lulusan program studi ini memiliki peluang kerja di departemen pemerintahan (Dalam Negeri, Luar Negeri, Agama, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Pendidikan Nasional, Hankam), politisi, pariwisata, LIPI, penerbit buku, berbagai media massa, serta LSM.
Sastra Perancis, Lulusan program studi ini bekerja di sektor-sektor yang memanfaatkan tenaga keperancisan, seperti pendidikan atau lembaga-lembaga bahasa, Departemen Luar Negeri, pariwisata, media massa, kedutaan-kedutaan besar di Indonesia dan KBRI di luar negeri, dan perusahaan swasta.

Sastra Jepang, Lulusan program studi ini bekerja pada perusahaan, baik nasional maupun multinasional, terutama menjadi staf pada dunia pendidikan, perbankan, pariwisata, dan Departemen Luar Negeri RI.

FAKULTAS HUKUM
Hukum, Peluang karir sarjana hukum terbuka lebar, tidak hanya bidang tugas pengacara
dan di institusi pengadilan, namun juga di bidang staf legal dan Human
Resources Development (HRD) perusahaan.

FAKULTAS PSIKOLOGI
Psikologi, Lulusan program studi ini dibutuhkan oleh berbagai instansi atau perusahaan yang membutuhkan staf dengan teknik analisis yang kuat berkaitan dengan perubahan lingkungan yang semakin dinamis, sehingga dapat melakukan proses pengambilan keputusan dengan tepat.

FAKULTAS PERTANIAN
Agronomi, Lulusan program studi ini selain bekerja di Departemen Pertanian,Departemen Pendidikan Nasional, Lembaga Penelitian, BUMN, perusahaan swasta, dan sebagai wirausaha bidang produksi tanaman.

Pemuliaan Tanaman, Lulusan program studi ini selain bekerja di Departemen Pertanian,Departemen Pendidikan Nasional, Lembaga Penelitian, BUMN, perusahaan swasta, dan sebagai wirausaha produksi benih.
Agribisnis, Lulusan program studi ini dapat bekerja di Bank Indonesia, Departemen Keuangan (Bea Cukai, Pajak dan Anggaran), Bappenas, Perbankan (Bank pemerintah dan swasta), BUMN, Bulog, Departemen Perdagangan,Departemen Kehutanan, Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Koperasi dan UKM, Badan Pusat Statistik (BPS), Departemen Tenaga Kerjadan Transmigrasi, Lembaga Penelitian, Bappeda, Konsultan, dan wirausaha di bidang agribisnis.
Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, Lulusan program studi ini dapat pada bidang yang berhubungan dengan komunikasi dan penyebaran informasi pertanian, misalnya: Departemen Pertanian, Depsos, Depnakertrans, Departemen Kehutanan, Depdiknas, media massa, Bulog, Perbankan baik BUMN maupun swasta, serta konsultan.
Mikrobiologi Pertanian, Lulusan program studi ini dapat bekerja di industri swasta/BUMN di bidang perkebunan, perikanan, pertambangan, pakan, pangan, obat tradisional, dan bahan kimia, maupun lembaga-lembaga pemerintah (Departemen Pertanian, Kementrian Ristek, Kementrian Lingkungan Hidup, BPPOM, Bappeda, dan Bapedalda), serta lembaga-lembaga penelitian.
Ilmu Tanah, Lulusan program studi ini dapat bekerja di lembaga pemerintah (Departemen Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan, Lingkungan Hidup, Bappeda, Bakosurtanal, Balai Penelitian dan Pemda), Perusahaan BUMN dan swasta pertanian, perkebunan dan kehutanan.
Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman, Lulusan program studi ini dapat bekerja di lembaga-lembaga pemerintah (Departemen Pertanian, Kementrian Ristek, LIPI, Bappeda, Badan Karantina Nasional), perusahaan-perusahaan BUMN dan perusahaan swasta nasional maupun internasional.
Budidaya Perikanan, Lulusan program studi ini dapat bekerja di lembaga-lembaga pemerintah (Departemen Kelautan dan Perikanan, Departemen Pendidikan Nasional, Deperindag, Kementrian Ristek, Bappenas, Badan Karantina Nasional), Pemerintah Daerah, Perbankan, perusahaan-perusahaan BUMN maupun swasta bidang perikanan.
Managemen Sumberdaya Perikanan, Lulusan program studi ini dapat bekerja di lembaga-lembaga pemerintah (Departemen Kelautan dan Perikanan, Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Kehutanan, Deperindag, Kementrian Ristek, Bappenas/Bappeda), perbankan, NGO, dalam dan luar negeri, perusahaan BUMN maupun swasta bidang perikanan dan kelautan.

Teknologi Hasil Perikanan, Lulusan program studi ini dapat bekerja di lembaga-lembaga pemerintah (Departemen Kelautan dan Perikanan, Departemen Pendidikan Nasional, Deperindag, Kementrian Ristek, Bappenas, Pemerintah Daerah), perbankan, wirausahawan, dan perusahaan-perusahaan BUMN maupun swasta bidang perikanan.

FAKULTAS PETERNAKAN
Peternakan, Lulusan program studi ini dapat bekerja di lembaga-lembaga pemerintah (Departemen Pertanian, Kementrian Ristek, Bappeda, Deperindag, Depkop dan PPKM), dan di perusahaan-perusahaan BUMN maupun swasta bidang peternakan.

FAKULTAS KEHUTANAN
Managemen Hutan, Lulusan program studi ini selain bekerja di instansi pemerintah (Departemen Kehutanan, Departemen Pertanian, dan Depdiknas), juga dapat bekerja pada instansi/perusahaan baik BUMN maupun swasta, biro konsultan, perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan wirausaha perkayuan.
Budidaya Hutan, Lulusan program studi ini selain bekerja di instansi pemerintah (Departemen Kehutanan, Departemen Pertanian, dan Depdiknas), juga dapat bekerja pada instansi/perusahaan baik BUMN maupun swasta, biro konsultan, perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan wirausaha perkayuan.
Teknologi Hasil Hutan, Lulusan program studi ini selain dapat berkarir di instansi pemerintah (Departemen Kehutanan, Departemen Keuangan, Departemen Pendidikan Nasional, Pemda, Depkop, dan PPKM), juga dapat mengembangkan karir di industri kehutanan dan perkayuan.
Konservasi Sumber Daya Hutan, Lulusan program ini bekerja di instansi pemerintah (Departemen Kehutanan, Departemen Pertanian, Depdiknas, dan KementrianLingkungan Hidup), lembaga penelitian, perusahaan multinasional dan nasional, LSM (WWF Indonesia, Conservation International, Wildlife Conservation Society)
*TINGGAL PILIH MAU YANG MANA, SEMOGA BERMANFAAT*
http://static.republika.co.id/uploads/images/headline/kelulusan-mahasiswa-_120314141944-865.jpg
About these ads

13 Tanggapan

  1. sangat menambah wawasan gan, penting buat teman-teman pelajar yang bentar lagi mau ujian nasional dan masuk perguruan tinggi

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: