Bagaimana Menentukan Jurusan di SNMPTN Undangan ?

Hal pertama dan utama yang mesti lo lakuin pertama kali adalah tentukan jurusan utama dan alternatif jurusan, kemudian baru sesuaikan PTN mana yang kira-kira mencukupi untuk diterima dengan modal nilai raportmu. Jangan kebalik, nentuin kampusnya dulu baru jurusan yang sesuai dengan nilaimu. Analoginya ketika lo pengen misalnya ke Jakarta, maka alternatifnya lo bisa ke Jakarta naik pesawat, kapal, bis, kereta. Sama seperti jurusan, lo pengen ke jurusan mana dulu, lalu tentukan kuliahnya dimana, bisa kuliah di PTN A, PTN B, PTN C atau PTS. Bukan “pokoknya gue mesti naik kereta ga peduli tujuannya kemana”

Percuma jika kuliah di PTN ternama tapi jurusannya ga sesuai minat, sehingga ga berkembang. Dan harapan dari setiap jurusan adalah bahwa jurusan tersebut akan berguna di pekerjaan lo di masa depan. Nah apabila kita bekerja dan menghabiskan sebagian besar umur kita untuk hal yang ga kita suka, itu akan menyiksa. Setelah lo bisa menentukan sebuah jurusan yang paling prioritas, tentuin juga beberapa (satu atau dua) jurusan alternatif. Tapi ga masalah juga apabila lo ga nentuin jurusan alternatif, misal lo cuma pengen kuliah di jurusan itu aja. Jurusan alternatif ini sebagai cadangan dan antisipasi seandainya lo gagal dapet jurusan utama. Atau bisa juga jurusan alternatif ini lo jadiin pilihan pertama di SNMPTN karena nilai lo buat masuk jurusan utama mu ga mencukupi.

Jurusan alternatif yang baik adalah jurusan yang mirip atau serumpun dengan jurusan utama. Tapi ini ga ada kaitannya dengan peluang diterima ya. Hal ini Cuma menandakan bahwa passion mu memang disitu. Contoh bagi yang passionnya di IT, jurusan utama teknik informatika, jurusan alternatifnya sistem informasi, atau yang passionnya di ekonomi, jurusan utamanya ilmu ekonomi, jurusan alternatifnya ekonomi syariah. Itu cuma contoh, ga ada kaitannya jurusan yang dipilih serumpun itu peluang lebih gede. Kelihatan aja jika anak yang jurusan utama dan alternatifnya beda banget, misal IT dan biologi, dia ga mantep di salah satu jurusan yang dipilihnya, ga mantep ma passionnya dimana. machiine.com Setelah lo udah mantep di sebuah jurusan dan/atau udah ada alternatif, lo tinggal sesuaiin dengan peluang.

 

Source: http://snmptnppa.blogspot.com

Satu Tanggapan

  1. mantap tips bagaimana cara memilih jurusan kulihnya, sangat bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: