Inilah 5 Misteri yang ada di Candi Borobudur

Gambar
Dari mulai awal berdiri hingga sampai saat ini, Candi Borobudur sudah menjadi tempat wisata bagi keluarga dan tempat pendidikan bersejarah. Melihat banyaknya misteri dan keanehan pada Candi Borobudur ini , berikut kami rangkum 5 Misteri Candi Borobudur, sebagai berikut :

 

1. Misteri Angka Satu
 
 Arsitektur dari Candi Borobudur ini memiliki keunikan secara matematik. Beberapa bilangan dari bangunan Candi Borobudur, bila dijumlahkan angka-angkanya akan selalu menghasilkan angka 1. Perhitungan munculnya angka 1 dalam setiap arsitektur Candi Borobudur adalah sebagai berikut :
  • Jumlah tingkatan borobudur adalah 10, angka-angka dalam 10 bila dijumlahkan hasilnya : 1 + 0 = 1.
  • Jumlah stupa di arupadhatu yang didalamnya ada patung-patungnya ada : 32 + 24 + 16 + 1 = 73, angka 73 bila dijumlahkan hasilnya: 10 dan seperti diatas 1 + 0 = 10.
  • Jumlah patung-patung di borobudur seluruhnya ada 505 buah. Bila angka-angka didalamnya dijumlahkan, hasilnya 5 + 0 + 5 = 10 dan juga seperti diatas 1 + 0 = 1.

 

2. Tertimbun Letusan Merapi
 
 
Kenaehan selanjutnya yaitu berasal dari hilangnya Candi Borobudur akibat letusan gunung merapi. Borobudur terkena letusan gunung merapi pada tahun 1006 dan akhirnya dinyatakan hilang dari peradaban. Namun, tiba-tiba Borobudur ditemukan kembali pada tahun 1814 didalam hutan belantara tropis.
 

   

3. Danau Purba
 
 
Fakta geologi yang dikemukaan oleh para peneliti menyatakan bahwa di sekitar Candi Borobudur terdapat sumur yang airnya asin hanya pada titik tertentu. Diperkirakan bahwa Candi Borobudur merupakan bangunan yang didirikan ditengah danau purba. Dengan adanya keanehan tersebut maka banyak para ilmuwan dari luar negeri berdatangan untuk meneliti danau misterius tersebut dengan meneliti berbagai hal yang ada disekitar seperti sungai Progo dan sungai Elo.

 

 

4. Misteri Pembangunan Candi Borobudur
 
 
Candi Borobudur merupakan candi yang sudah banyak dikenal khalayak ramai dari segala penjuru dunia. Mereka berbondong-bondong mencari tau seluk-beluk bangunan ini karena merupakan 7 keajaiban dunia yang luar biasa. Namun, meskipun banyak ilmuwan yang meneliti asal usul Candi Borobudur, tidak ada seorangpun atau sumber manapun yang mampu menguak cara pembangunan Candi Borobudur ini. Timbulnya berbagai dugaan mengenai pembangunan candi yang sampai saat ini tidak diketahui kebenarannya merupakan tanda tanya besar bagi masyarakat hingga sekarang.

5. Piramida Sempurna
 
 

Arsitektur yang dimiliki oleh Candi Borobudur hanya ada 1 di seluruh dunia, yaitu Candi Borobudur sendiri. Hal inilah yang menjadi kelebihan dari Candi Borobudur yang membuat bangunannya sangat sulit diprediksi pembuatannya. Piramida yang dimiliki Candi Borobudur ini tidak sama dengan piramida raksasa di Mesir ataupun Piramida Teotihuacan di Meksiko. Piramida Borobudur berupa kepunden berundak yang tidak akan pernah ditemukan atau dimiliki di daerah atau negara manapun termasuk India . Hal inilah yang menjadi ciri khas utama arsitektur Budhis di Indonesia. (**)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: